Skip to main content

STUDI KASUS YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN DAN SISTEM INFORMASI


Anggota Kelompok :

1. Aksan Qomarullah
2. Arsyada Satriawan


KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN 




Kelurahan adalah wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten  atau daerah kota dibawah kecamatan. Pembentukan kelurahan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan secara berdayaguna, berhasil guna, dan pelayanan terhadap masyarakat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemajuan pembangunan.


Pelaksanaan  pelayanan  publik  pada  tingkat  pemerintah  kelurahan  merupakan  ujung tombak dalam pelayanan prima pada masyarakat. Pemberian pelayanan kepada masyarakat menjadi salah satu aspek paling penting didalam pelaksanaan fungsi pemerintahan dimana pemerintah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik sebagai implikasi dari fungsi aparatur Negara.


Kualitas pelayanan publik merupakan suatu kondisi dimana pelayanan mempertemukan atau memenuhi atau bahkan melebihi dari apa yang menjadi harapan konsumen dengan sistem kinerja aktual dari penyedia jasa. Keberhasilan proses pelayanan publik sangat tergantung pada dua pihak yaitu birokrasi (pelayan) dan masyarakat (yang dilayani). Dengan demikian untuk melihat kualitas pelayanan publik perlu diperhatikan dan dikaji dua aspek pokok yakni aspek proses internal organisasi birokrasi (pelayan) dan aspek eksternal organisasi yakni kemanfaatan yang dirasakan oleh masyarakat pelanggan.

            Kelurahan merupakan perangkat daerah Kabupaten/Kota yang berkedudukan di wilayah Kecamatan.
1.Kelurahan dipimpin oleh Lurah yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati/Walikota melalui Camat.
2.Lurah diangkat oleh Walikota/Bupati atas usul Camat dari Pegawai Negeri Sipil.

Syarat-yarat lurah meliputi :

A.Pangkat/golongan minimal Penata (III/c).

B.Masa kerja minimal 10 tahun.

C.Kemampuan tekhnis dibidang administrasi pemerintahan dan memahami keadaan sosial budaya masyarakat setempat



Visi Kelurahan di Jakarta Barat :
-Terwujudnya Kota Administrasi Jakarta Barat sebagai kota Jasa yang nyaman dan Sejahtera


Misi Kelurahan di Jakarta Barat :

·         Membangun Tata Pemerintahan yang baik guna terwujudnya sebagai sebagai kota jasa dan wisata budaya dan bersejarah.

·         Meningkatkan Kualitas lingkungan perkotaan yang berkelanjutan.

·         Memberdayakan Masyarakat dgn mengembangkan nilai, norma serta pranata sosial.

·         Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat.

   

Tujuan Jakarta Barat :

·         Meningkatkan Profesional Aparatur.

·         Meningkatkan Kualitas Lingkungan Permukiman.

·         Meningkatkan Kapasitas Lembaga Sosial Kemasyarakatan serta mendorong partisipasi Masyarakat.

·         Mewujudkan Pelayanan Prima yang menyentuh kehidupan seluruh lapisan Masyarakat.


PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Persyaratan :


KTP 17 Tahun

- Surat keterangan RT/RW

-Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) orang tua dan KK (Kartu Keluarga)

-Fotokopi Akte Kelahiran/Ijazah Terakhir Pemohon

Perpanjangan KTP

-Surat keterangan dari RT/RW
-KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopi KK (Kartu Keluarga)

KTP (Kartu Tanda Penduduk) Hilang

-Surat keterangan dari RT/RW

-Surat laporan kehilangan dari Kepolisian

-Fotokopi KTP (Kartu Tandan Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) termohon.


KTP (Kartu Tanda Penduduk ) Pendatang dari dalam DKI Jakarta

-Surat keterangan dari RT/RW terbaru

-Surat pindah dari Kelurahan sebelumnya

-KTP dan KK asli

KTP (Kartu Tanda Penduduk) Pendatang dari Luar DKI Jakarta

-Surat pindah dari catatan sipil daerah sebelumnya

-Surat keterangan kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian daerah sebelumnya

-Surat Keterangan dari RT/RW tempat tinggal terbaru

-Fotokopi KTP dan KK penjamin

-Fotokopi surat nikah (bila sudah menikah),fotokopi ijazah terakhir/akte kelahiran (apabila single)


Surat pindah dalam DKI Jakarta

-Surat keterangan dari RT/RW tempat tinggal lama (harap dicantumkan alamat terbaru yang akan ditinggali)

-KTP dan KK asli

Surat Pengantar Kelahiran

-Surat keterangan dari RT/RW

-Fotokopi Surat Keterangan kelahiran dari Rumah Sakit/bidan

-Fotokopi KTP dan KK pemohon

-Fotokopi surat nikah/Akta pernikahan dari catatan sipil

Surat Pengantar Kematian

-Surat keterangan dari RT/RW

-Fotokopi KTP dan KK yang meninggal

-Fotokopi KTP saksi/pemohon (2 orang)

-Fotokopi surat keterangan kematian dari rumah sakit/medis lainnya.

Pelayanan Terpadu Satu Pintu diciptakan untuk mengurangi sistem perizinan yang tumpang tindih di jakarta,sehingga dianggap mempersulit dan proses waktu yang lama, dan dari situlah ada saja oknum-oknum yang melakukan tindak korupsi. Untuk itulah PTSP dibentuk.



PELAYANAN PTSP 


Surat Pengantar SKCK

-Surat keterangan dari RT/RW

-Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)


Surat Pengantar Nikah

-Surat Keterangan dari RT/RW, wajib menuliskan tempat daerah menikah.

-Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) Pemohon dan Orang Tua Pemohon

-Fotokopi KK ( Kartu Keluarga )

-Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah dan ditanda tangani diatas Materai 6000 (enam ribu), dan juga ditanda tangani 2 orang saksi. (format surat pernyataan biasanya sudah ada di PTSP masing-masing kelurahan).


BPJS ( untuk keluarga kurang mampu)

-    Surat Keterangan dari RT/RW

-    Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)

-    Jika belum 17 Tahun atau memiliki KTP, dilampirkan Fotokopi ijazah terakhir/Akte Kelahiran.


Kartu Jakarta Pintar (KJP)

-Surat Keterangan dari RT/RW

-Surat rekomendasi dari Sekolah asal

-Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) orang tua dan KK (Kartu Keluarga)

*bila tidak ada program KJP baru dari Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, pelayanan pembuatan KJP tidak akan melayani, karena sistem untuk pelayanan KJP akan terkunci.


Surat Keterangan Domisili Perusahaan

-Surat Keterangan dari RT/RW

-Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan

-Fotokopi Hak Guna Bangunan

-Fotokopi Penanggung Jawab

*disarankan agar cek peta wilayah untuk usaha yang berada di PTSP, dan apabila tempat usaha anda berada di kawasan pemukiman, maka tidak dapat diproses secara online oleh PTSP.


Sistem Informasi Manajemen Desa/Kelurahan
SIMADE merupakan sebuah sistem informasi yang dapat mengakomodasi sebagian besar kegiatan administrasi di kantor desa/kelurahan mulai dari mutasi data keluarga, daftar nama pemilih, pembuatan surat, pelaporan penduduk bulanan, pencatatan dan pembuatan kartu bagi penduduk pendatang sementara, dan sebagainya secara cepat dan akurat sehingga SIMADE dapat dijadikan salah satu solusi dalam menjalankan kegiatan operasional di kantor desa/kelurahan.

Kesimpulan

a) Kelurahan adalah wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau Kota. Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil.

b)Pelayanan publik adalah mendahulukan kepentingan umum, mempermudah urusan publik, dan mempersingkat waktu pelaksaan urusan public, serta memberikan kepuasan kepada publik. Ada  5 indikator atau dimensi kualitas pelayanan menurut apa yang dikatakan konsumen, yaitu Kehandalan (Reliability), Empati (Emphaty), Berwujud (Tangibles), Ketanggapan (Responsiveness), dan Jaminan Kepastian (Assurance).

c)Kualitas pelayanan di Kantor Kelurahan di DKI Jakarta sudah cukup memuaskan. Dilihat dari segi fasilitas yang sudah memadai, responsiv atau pelayanannya yang sudah tepat dan cepat, assurance atau kepercayaan dapat dilihat dari aman dan kenyamanan masyarakat dalam pemberian pelayanan, serta reliability dan empathy aparatur yang sudah berusaha membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat.


Sumber:





Comments

Popular posts from this blog

SINOPSIS DRUNKEN MARMUT

Judul Buku : Drunken Marmut Penulis : Pidi Baiq Warna kulit : Sawo matang Warna rambut : Hitam Tinggi : 155 sentimeter Jumlah gigi : 35 buah Kelakuan : Baik Jabatan : Imam besar The Panasdalam Hobbi : Beribadat kepada Tuhan yang maha esa Kesan dan Pesan hidup di bumi : Menyenangkan dan berbahagialah Binatang favorit : Heina, Luwak, Sigung, dan Tonggeret Makanan pokok : Nasi No.PIN ATM : 563854 Agama : Islam Jenis suara : Mezosopran Kabar : Allhamdulillah sehat Golongan darah : O Penerbit : DAR Mizan Tebal : 204 halaman, paperback Cetakan Pertama : Agustus 2009             Novel yang di adaptasi dari kehidupan nyata sang penulis ini membuat saya terkagum-kagum, karena kekonyolan yang tidak biasa. Hampir semua novel karya Pidi Baiq itu bagus-bagus, mungkin saya salah satu penggemarnya.                    ...

AUDIT SISTEM INFORMASI

Nama : Aksan Qomarullah Npm  : 10116472 Kelas : 4KA19 1.  Sebutkan dan Jelaskan bahaya-bahaya risiko yang dimiliki Sistem Informasi? Menurut Hughes (2006, p36) dalam penggunaan teknologi informasi berisiko terhadap kehilangan informasi dan pemulihannya tercakup dalam 6 kategori, yaitu: Keamanan . Risiko yang informasinya diubah atau digunakan oleh orang yang tidak berwenang. Misalnya saja kejahatan komputer, kebocoran internal dan terorisme cyber. Ketersediaan . Risiko yang datanya tidak dapat diakses setelah kegagalan sistem, karena kesalahan manusia (human error), perubahan konfigurasi, dan kurangnya penggunaan arsitektur .  Daya Pulih . Risiko dimana informasi yang diperlukan tidak dapat dipulihkan dalam waktu yang cukup, setelah terjadinya kegagalan dalam perangkat lunak atau keras,ancaman eksternal, atau bencana alam Performa . Risiko dimana informasi tidak tersedia saat diperlukan, yang diakibatkan oleh arsitektur terdistribu...

BAJINGAN YANG MENEBAS JARAK

OPINI LIAR 1. Masalahmu sebenarnya sudah menunggu di depan, cuman kau masih terjebak pada masalah yang sebelumnya. Makanya masalahmu jadi menumpuk. (AQ)   2. Sekarang, Jakarta sedang menjadi dirinya sendiri Bersama ciri khasnya yang asli bergerak ke tempat ternyaman.  (AQ)   3. Bersyukur untuk membuat diri nikmat. Pasrah untuk membuat diri kalah. Harus percaya, bahwa keberanian adalah segalanya. (AQ)   4. Kalo suka jgn mendewakan Kalo tidak suka jgn membenci Hidup harus adil jgn egois   (AQ) 5. Orang yang bunuh diri bukannya ingin mengakhiri masalah, tetapi ingin masalahnya tidak terlalu menyebar kemana-mana.  (AQ)   6. Orang tak harus cocok denganku , Kalo semua orang cocok nanti malah bercocok tanam.   (AQ) 7. Orang yg matanya minus gitu ya cara pandang nya negatif mulu. (AQ)   8. Wanita itu enak selalu masuk cerita sejarah Contohnya "nenek moyang gue dulu" (AQ)   9. Saya tidak pe...