Skip to main content

SINOPSIS DRUNKEN MARMUT



Judul Buku : Drunken Marmut
Penulis : Pidi Baiq
Warna kulit : Sawo matang
Warna rambut : Hitam
Tinggi : 155 sentimeter
Jumlah gigi : 35 buah
Kelakuan : Baik
Jabatan : Imam besar The Panasdalam
Hobbi : Beribadat kepada Tuhan yang maha esa
Kesan dan Pesan hidup di bumi : Menyenangkan dan berbahagialah
Binatang favorit : Heina, Luwak, Sigung, dan Tonggeret
Makanan pokok : Nasi
No.PIN ATM : 563854
Agama : Islam
Jenis suara : Mezosopran
Kabar : Allhamdulillah sehat
Golongan darah : O
Penerbit : DAR Mizan
Tebal : 204 halaman, paperback
Cetakan Pertama : Agustus 2009

            Novel yang di adaptasi dari kehidupan nyata sang penulis ini membuat saya terkagum-kagum, karena kekonyolan yang tidak biasa. Hampir semua novel karya Pidi Baiq itu bagus-bagus, mungkin saya salah satu penggemarnya.
            
            Cara penulisannya dan penyampaian di dalam novel ini juga sangat bagus sehingga akan membuat setiap pembacanya akan senang dan tertawa. Selalu mempunyai ide-ide gila cerita yang di sajikan. Leluconnya selalu ia buat dengan serius. Ini adalah salah satu karyanya, drunken marmut. Judul diangkat dari salah satu judul cerita di dalam buku. Mengisahkan tentang seekor marmut yang dipelihara di taman halaman rumah, namun ternyata merusak keindahan taman. Demi tidak terkena marah, mungkin sudah terkena marah sang istri dimintalah ia untuk menyingkirkan marmut itu.

“Pokoknya, besok harus dibuang!”
“Iya…”
“Tidak ada alasan!”
“Marmut kan nggak tahu kalau itu taman,” kata saya membela diri
“Pemiliknya, kan, tahu,” kata dia.
“Allah memang Mahatahu,” Saya langsung suka momen dialog yang membahas ketuhanan seperti ini
“Allah apa?” dia tanya.
“Sang Maha Pemilik?”
“Apa? Bukan Allah!” katanya. “Yang beli marmutnya.”
“Oh ….”
“Yang beli marmutnya, kan, tahu.” (hal 36-37)

            
           Selain itu terdapat cerita-cerita lain seperti : Oh Pram, Drunken Marmut, Pacar Magang, Mencatat Sate, Linglung Hansip, Binatang Tip, Keliling Awug, Swara Kamar,  Lari Pagi Philiphina, Malaysia HUT RI, SMA Berseragam, Warnet Bugil, Kereta Terowong, Pendidikan Sejarah Perjuangan The Panasdalam, Pengemis Bunda dan Sulap Helm.
            
           Seluruh kisah tersebut berasal dari kehidupan sehari-hari Pidi Baiq, dan selalu mempunya suatu arti atau maksud yang dia sajikan. Contohnya di mencatat sate (hal 61), dia ingin selalu akrab terhadap orang lain termasuk tukang sate. Mungkin orang akan menganggapnya aneh atau pun gila, tetapi itu membuat orang lain akan semakin akrab bahkan semakin terasa dalam berinteraksi.
            
           Bahkan di cerita linglung hansip, dia seakan-akan lupa ingatan. Semua itu ia lakukan semata-mata ingin lebih dekat dengan tetangganya atau pun bersosialisasi. Mungkin di kesehariannya semua yang ada di dunia ini, ingin di jadikan teman oleh Pidi Baiq.
            
           Hampir di seluruh bagian ceritanya, Pidi baiq terkenal mudah dekat dengan siapa saja termasuk orang yang baru dikenalnya. Ini membuat pesan bahwa kita lebih baik banyak teman dari pada banyak musuh, dan juga memberikan edukasi terhadap anak-anak agar lebih semangat terhadap apa yang dikerjakan. Cerita tersebut di sajikan di dalam cerita Drunken Marmut dan Malaysia HUT RI (hal 35 dan 129).
           

#Sabtulis

Comments

Popular posts from this blog

ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

Sejarah Neural Network Perkembangan ilmu Neural Network sudah ada sejak tahun 1943 ketika Warren McCulloch dan Walter Pitts memperkenalkan perhitungan model neural network yang pertama kalinya. Mereka melakukan kombinasi beberapa processing unit sederhana bersama-sama yang mampu memberikan peningkatan secara keseluruhan pada kekuatan komputasi. (eacharya.inflibnet.ac.in) Hal ini dilanjutkan pada penelitian yang dikerjakan oleh Rosenblatt pada tahun 1950, dimana dia berhasil menemukan sebuah two-layer network, yang disebut sebagai perceptron. Perceptron memungkinkan untuk pekerjaan klasifikasi pembelajaran tertentu dengan penambahan bobot pada setiap koneksi antar-network. 1943    : Waffen McCulloh dan Walter Pitts merancang model matematis dari sel-sel otak. 1949    : Hebb menyatakan informasi dapat disimpan dalam koneksi-koneksi antar neuron. 1958    : Rosenblatt mengembangkan konsep dasar tentang perceptron untuk klasifikasi pola. 1982    : Kohonen mengembangkan meto

Bahasa Inggris Bisnis 2 - Tugas 1

What Will You Do Next 5 Years ? By calling on the name of the most generous and most famous god. I dont't know what i will do in the next 5 years. I believe the past is black and white, the future is grey, and today is colorful. Maybe my plan for the future is to become a whole person, have lots of money and lots of friends. I hope i can do great things in this world, even if it doesn't materialize it won't be a problem for my life. The most important thing in my life is that i remain who i am, better than i was before. I let everything go as it should, what i will achieve in the next 5 years then i will fight and try my best. hopefully in the next 5 years i read this again and writed what i have achieved and done. Good luck, lots of money, happy and long life for everyone.