Skip to main content

APA ITU SEO, SEM, SMM, DAN SMO?

NAMA            : AKSAN QOMARULLAH
NPM               : 10116472
KELAS          : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI

Dalam dunia digital marketing, SEO menjadi salah satu cara yang selalu ditempuh untuk melancarkan strategi marketing. Mungkin sebagian dari Anda Anda sudah memahami betul apa itu SEO. Namun apakah Anda juga sudah tahu menahu tentang SEM, SMM, dan SMO? Perlu Anda ketahui, SEO, SEM, SMM, dan SMO telah memegang peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari.
Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu akan membantu website milik Anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama. Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya sekedar melakukan optimasi terhadap SEO, SEM, SMM, dan SMO. Namun tetap diperlukan suatu strategi marketing yang tepat untuk membuatnya menjadi semakin terarah dan tepat sasaran.
   1.  SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan       peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

2.  SEM (Search Engine Marketing)



SEM atau “Search Engine Marketing” adalah salah satu cara mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada hasil pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid ads).
Dalam industri digital marketing, SEM seringkali diartikan secara langsung sebagai paid search atau lebih spesifik lagi AdWords. Sama halnya dengan SEO, SEM sebenarnya tidak hanya terpaku pada Google saja, masih ada alternatif mesin pencari lain seperti Bing Ads. Jadi SEM lebih dikenal sebagai metode promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas website anda pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun karena mayoritas user hanya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, SEM sering diartikan sebagai PPC (pay per click) atau AdWords.
Beberapa metode beriklan yang merupakan bagian dari SEM adalah paid search ads dan CPC/CPM advertising. Biasanya SEM juga dikombinasikan dengan SEO untuk memberikan hasil yang lebih baik pada hasil pencarian.



3.   SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target  pasar.

Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin, Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.



4. SMO (Social Media Optimization)

Social media optimization (SMO) adalah aktifitas dalam sosial media untuk menarik pengunjung ke konten website kita. Hampir sama dengan submit konten ke social bookmark cara yang biasa digunakan misalnya dengan membagi tautan didalam update status facebook, tweet lewat twitter. Social media terbukti ampuh untuk mengoptimalkan blog agar traffic naik walalupun bukan cara yang utama untuk menjaring pengunjung karena terbukti SEO (search engine optimization) masih menjadi kunci utama.

Jadi kesimpulan pada pembahasan diatas adalah bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
serta kita bisa menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.

Comments

Popular posts from this blog

SINOPSIS DRUNKEN MARMUT

Judul Buku : Drunken Marmut Penulis : Pidi Baiq Warna kulit : Sawo matang Warna rambut : Hitam Tinggi : 155 sentimeter Jumlah gigi : 35 buah Kelakuan : Baik Jabatan : Imam besar The Panasdalam Hobbi : Beribadat kepada Tuhan yang maha esa Kesan dan Pesan hidup di bumi : Menyenangkan dan berbahagialah Binatang favorit : Heina, Luwak, Sigung, dan Tonggeret Makanan pokok : Nasi No.PIN ATM : 563854 Agama : Islam Jenis suara : Mezosopran Kabar : Allhamdulillah sehat Golongan darah : O Penerbit : DAR Mizan Tebal : 204 halaman, paperback Cetakan Pertama : Agustus 2009             Novel yang di adaptasi dari kehidupan nyata sang penulis ini membuat saya terkagum-kagum, karena kekonyolan yang tidak biasa. Hampir semua novel karya Pidi Baiq itu bagus-bagus, mungkin saya salah satu penggemarnya.                          Cara penulisannya dan penyampaian di dalam novel ini juga sangat bagus sehingga akan membuat setiap pembacanya akan senang da

ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

Sejarah Neural Network Perkembangan ilmu Neural Network sudah ada sejak tahun 1943 ketika Warren McCulloch dan Walter Pitts memperkenalkan perhitungan model neural network yang pertama kalinya. Mereka melakukan kombinasi beberapa processing unit sederhana bersama-sama yang mampu memberikan peningkatan secara keseluruhan pada kekuatan komputasi. (eacharya.inflibnet.ac.in) Hal ini dilanjutkan pada penelitian yang dikerjakan oleh Rosenblatt pada tahun 1950, dimana dia berhasil menemukan sebuah two-layer network, yang disebut sebagai perceptron. Perceptron memungkinkan untuk pekerjaan klasifikasi pembelajaran tertentu dengan penambahan bobot pada setiap koneksi antar-network. 1943    : Waffen McCulloh dan Walter Pitts merancang model matematis dari sel-sel otak. 1949    : Hebb menyatakan informasi dapat disimpan dalam koneksi-koneksi antar neuron. 1958    : Rosenblatt mengembangkan konsep dasar tentang perceptron untuk klasifikasi pola. 1982    : Kohonen mengembangkan meto

Bahasa Inggris Bisnis 2 - Tugas 1

What Will You Do Next 5 Years ? By calling on the name of the most generous and most famous god. I dont't know what i will do in the next 5 years. I believe the past is black and white, the future is grey, and today is colorful. Maybe my plan for the future is to become a whole person, have lots of money and lots of friends. I hope i can do great things in this world, even if it doesn't materialize it won't be a problem for my life. The most important thing in my life is that i remain who i am, better than i was before. I let everything go as it should, what i will achieve in the next 5 years then i will fight and try my best. hopefully in the next 5 years i read this again and writed what i have achieved and done. Good luck, lots of money, happy and long life for everyone.