NAMA : AKSAN QOMARULLAH
NPM : 10116472
KELAS : 2KA19
DOSEN : DYAH AYU
DAMAYANTI
Dalam dunia digital
marketing, SEO menjadi salah satu cara yang selalu ditempuh untuk melancarkan
strategi marketing. Mungkin sebagian dari Anda Anda sudah memahami betul apa
itu SEO. Namun apakah Anda juga sudah tahu menahu tentang SEM, SMM, dan SMO?
Perlu Anda ketahui, SEO, SEM, SMM, dan SMO telah memegang peranan penting dalam
penentuan peringkat pada mesin pencari.
Dengan melakukan optimasi
SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu akan membantu website milik Anda berada
pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama.
Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya sekedar melakukan optimasi terhadap
SEO, SEM, SMM, dan SMO. Namun tetap diperlukan suatu strategi marketing yang
tepat untuk membuatnya menjadi semakin terarah dan tepat sasaran.
1. SEO (Search Engine
Optimization)
SEO adalah serangkaian proses
yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan
melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran
berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak
untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang
memiliki basis usaha di internet.
2. SEM (Search Engine
Marketing)
SEM atau “Search Engine Marketing”
adalah salah satu cara mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada
hasil pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid
ads).
Dalam industri digital marketing, SEM seringkali
diartikan secara langsung sebagai paid search atau lebih spesifik lagi AdWords. Sama halnya dengan SEO, SEM sebenarnya tidak hanya
terpaku pada Google saja, masih ada alternatif mesin pencari lain seperti Bing Ads. Jadi SEM lebih
dikenal sebagai metode promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas website
anda pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun karena
mayoritas user hanya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, SEM sering
diartikan sebagai PPC (pay per click) atau AdWords.
Beberapa metode beriklan yang merupakan bagian dari SEM
adalah paid search ads dan CPC/CPM advertising. Biasanya SEM juga
dikombinasikan dengan SEO untuk memberikan hasil yang lebih baik pada hasil
pencarian.
3.
SMM (Social Media Marketing)
Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social
Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website
Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM
lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau
tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan
SMM perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan
sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.
Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin, Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.
Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin, Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.
4. SMO (Social Media Optimization)
Social media optimization (SMO) adalah aktifitas dalam
sosial media untuk menarik pengunjung ke konten website kita. Hampir sama
dengan submit konten ke social bookmark cara yang biasa
digunakan misalnya dengan membagi tautan didalam update status facebook, tweet
lewat twitter. Social media terbukti ampuh untuk mengoptimalkan blog agar
traffic naik walalupun bukan cara yang utama untuk menjaring pengunjung karena
terbukti SEO (search engine optimization) masih menjadi kunci utama.
Jadi kesimpulan pada pembahasan diatas adalah bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari
pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media.
Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email
marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri
banyak pengunjung.
serta kita bisa menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.
serta kita bisa menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.
Comments
Post a Comment