Skip to main content

APA ITU SEO, SEM, SMM, DAN SMO?

NAMA            : AKSAN QOMARULLAH
NPM               : 10116472
KELAS          : 2KA19
DOSEN          : DYAH AYU DAMAYANTI

Dalam dunia digital marketing, SEO menjadi salah satu cara yang selalu ditempuh untuk melancarkan strategi marketing. Mungkin sebagian dari Anda Anda sudah memahami betul apa itu SEO. Namun apakah Anda juga sudah tahu menahu tentang SEM, SMM, dan SMO? Perlu Anda ketahui, SEO, SEM, SMM, dan SMO telah memegang peranan penting dalam penentuan peringkat pada mesin pencari.
Dengan melakukan optimasi SEO, SEM, SMM, dan SMO maka hal itu akan membantu website milik Anda berada pada halaman pertama dalam mesin pencari, bahkan menjadi peringkat pertama. Untuk mendapatkan hal tersebut, bukan hanya sekedar melakukan optimasi terhadap SEO, SEM, SMM, dan SMO. Namun tetap diperlukan suatu strategi marketing yang tepat untuk membuatnya menjadi semakin terarah dan tepat sasaran.
   1.  SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan       peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

2.  SEM (Search Engine Marketing)



SEM atau “Search Engine Marketing” adalah salah satu cara mempromosikan website dengan meningkatkan posisinya pada hasil pencarian mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar (paid ads).
Dalam industri digital marketing, SEM seringkali diartikan secara langsung sebagai paid search atau lebih spesifik lagi AdWords. Sama halnya dengan SEO, SEM sebenarnya tidak hanya terpaku pada Google saja, masih ada alternatif mesin pencari lain seperti Bing Ads. Jadi SEM lebih dikenal sebagai metode promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas website anda pada mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll. Namun karena mayoritas user hanya menggunakan Google untuk mencari sesuatu, SEM sering diartikan sebagai PPC (pay per click) atau AdWords.
Beberapa metode beriklan yang merupakan bagian dari SEM adalah paid search ads dan CPC/CPM advertising. Biasanya SEM juga dikombinasikan dengan SEO untuk memberikan hasil yang lebih baik pada hasil pencarian.



3.   SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target  pasar.

Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin, Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.



4. SMO (Social Media Optimization)

Social media optimization (SMO) adalah aktifitas dalam sosial media untuk menarik pengunjung ke konten website kita. Hampir sama dengan submit konten ke social bookmark cara yang biasa digunakan misalnya dengan membagi tautan didalam update status facebook, tweet lewat twitter. Social media terbukti ampuh untuk mengoptimalkan blog agar traffic naik walalupun bukan cara yang utama untuk menjaring pengunjung karena terbukti SEO (search engine optimization) masih menjadi kunci utama.

Jadi kesimpulan pada pembahasan diatas adalah bertujuan meningkatkan jumlah trafik kunjungan dari pengguna internet tertarget, mulai dari mesin pencari hingga sosial media. Empat metode tersebut jauh lebih efektif dan hemat biaya ketimbang email marketing. Dengan penerapan strategi yang tepat, website mungkin saja dibanjiri banyak pengunjung.
serta kita bisa menganalisis serta melacak kebiasaan pengunjung sehingga berpotensi memaksimalkan kata kunci. Dengan demikian pemilik bisa mengetahui langkah dan strategi yang akan diambil karena lebih banyak memperoleh data akurat.

Comments

Popular posts from this blog

SINOPSIS DRUNKEN MARMUT

Judul Buku : Drunken Marmut Penulis : Pidi Baiq Warna kulit : Sawo matang Warna rambut : Hitam Tinggi : 155 sentimeter Jumlah gigi : 35 buah Kelakuan : Baik Jabatan : Imam besar The Panasdalam Hobbi : Beribadat kepada Tuhan yang maha esa Kesan dan Pesan hidup di bumi : Menyenangkan dan berbahagialah Binatang favorit : Heina, Luwak, Sigung, dan Tonggeret Makanan pokok : Nasi No.PIN ATM : 563854 Agama : Islam Jenis suara : Mezosopran Kabar : Allhamdulillah sehat Golongan darah : O Penerbit : DAR Mizan Tebal : 204 halaman, paperback Cetakan Pertama : Agustus 2009             Novel yang di adaptasi dari kehidupan nyata sang penulis ini membuat saya terkagum-kagum, karena kekonyolan yang tidak biasa. Hampir semua novel karya Pidi Baiq itu bagus-bagus, mungkin saya salah satu penggemarnya.                    ...

BAJINGAN YANG MENEBAS JARAK

OPINI LIAR 1. Masalahmu sebenarnya sudah menunggu di depan, cuman kau masih terjebak pada masalah yang sebelumnya. Makanya masalahmu jadi menumpuk. (AQ)   2. Sekarang, Jakarta sedang menjadi dirinya sendiri Bersama ciri khasnya yang asli bergerak ke tempat ternyaman.  (AQ)   3. Bersyukur untuk membuat diri nikmat. Pasrah untuk membuat diri kalah. Harus percaya, bahwa keberanian adalah segalanya. (AQ)   4. Kalo suka jgn mendewakan Kalo tidak suka jgn membenci Hidup harus adil jgn egois   (AQ) 5. Orang yang bunuh diri bukannya ingin mengakhiri masalah, tetapi ingin masalahnya tidak terlalu menyebar kemana-mana.  (AQ)   6. Orang tak harus cocok denganku , Kalo semua orang cocok nanti malah bercocok tanam.   (AQ) 7. Orang yg matanya minus gitu ya cara pandang nya negatif mulu. (AQ)   8. Wanita itu enak selalu masuk cerita sejarah Contohnya "nenek moyang gue dulu" (AQ)   9. Saya tidak pe...

AUDIT SISTEM INFORMASI

Nama : Aksan Qomarullah Npm  : 10116472 Kelas : 4KA19 1.  Sebutkan dan Jelaskan bahaya-bahaya risiko yang dimiliki Sistem Informasi? Menurut Hughes (2006, p36) dalam penggunaan teknologi informasi berisiko terhadap kehilangan informasi dan pemulihannya tercakup dalam 6 kategori, yaitu: Keamanan . Risiko yang informasinya diubah atau digunakan oleh orang yang tidak berwenang. Misalnya saja kejahatan komputer, kebocoran internal dan terorisme cyber. Ketersediaan . Risiko yang datanya tidak dapat diakses setelah kegagalan sistem, karena kesalahan manusia (human error), perubahan konfigurasi, dan kurangnya penggunaan arsitektur .  Daya Pulih . Risiko dimana informasi yang diperlukan tidak dapat dipulihkan dalam waktu yang cukup, setelah terjadinya kegagalan dalam perangkat lunak atau keras,ancaman eksternal, atau bencana alam Performa . Risiko dimana informasi tidak tersedia saat diperlukan, yang diakibatkan oleh arsitektur terdistribu...